Sabtu, 15 Januari 2011

Sejarah Drumband di Indonesia

Drumband sudah lama di Indonesia. Kapan lahirnya disini belum banyak orang yang tahu. Sejarahnyapun masih simpang siur. Tapi kita bias membayangkan dan mengira-irakan.
Awalnya, dulu…. Drumband tarakanita mengadakan lomba drumband. Lomba tersebut diadakan dalam rangka ultahnya ke-10. kegiatan tersebut dipegang oleh yayasan Dharma Wanodya Jaya yang berdiri 16 Oktober1971. sedangkan drumband milik Gerakan Pramuka DKI Jakarta didirikan sejak Juni 1972. dari keduanya tersebut diadakanlah kejuaraan terbuka Drumband Jakarta I pada tahun 1976 di Stadiun Utama Senayan. Tujuannya untuk meningkatkan Per-Drumbandnan di Jakarta. Kejuaraan tersebut diadakan lagi tahun berikutnya. Karena tingkat Provinsi, tropi yang diperebutkan tentu dari gubernur DKI Jakarta.
Meski Gubernurnya ganti, kejuaraan tersebut tetap ada. Malahan waktu Cokropranolo, ia menyarankan untuk membentuk wadah Organisasi Drumband. Sebab itu keluarlah Surat Keputusan Gubernur Nomor 700 tahun 1977 tertanggal 6 Oktober. Isinya, menyerahkan Pembinaan Kegiatan Drumband di DKI Jakarta Kepada Dinas Olahraga Jakarta. Lalu ditahun itu mereka mengadakan pertemuan drumband untuk membentuk organisasinya. Dari sanalah muncul ide agar organisasi drumband ini menjangkau kedaerah-daerah. Waktu itulah ada usulan nama organisasinya. Nama “Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI)” muncul dari imam hidayat dari Al-Azhar. Nama PDBI inilah yang berjaya sampai sekarang.
Dari pertemuan itu dibentuklah kelompok kerja. Tugasnya, membuat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Karena kedua hal tersebut itulah yang harus dimiliki sebuah organisasi sebagai pedoman dan pijakan berkibar.
PDBI dibentuk lalu melaksanakan kegiatannya. Sebagai langkah selanjutnya, PDBI mendata anggota. Tenyata ada 84 unit drumband di Indonesia saat itu. Lalu berkembang terus sehingga terkumpul data kalau di Indonesia ini ada 400 unit drumband dari 25 Provinsi.
Kegiatan selanjutnya, PDBI mengirimkan unitnya ke Acara World Music Contest di kenkrade Belanda tahun 1978. kalau kegiatan nasionalnya sendiri mulai ada tahun 1980 di Malang, Jawa Timur. Sedangkan kongres PDBI pertama berlangsung di Semarang, 27-29 Desember 1981. peserta yang hadir ada seratus lebih dari 29 Kota yang mewakili 15 Provinsi. Saat itu mereka mengesahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PDBI. Lalu membuat garis-garis besar rencana kerja PDBi dan membentuk tim formatur untuk menyusun Pengurus besar PDBI periode : 1982-1985. PDBI pada tahun 1982 masuk kedalam KONI. Resminya bulan Mei 1982.
Sekarang ini setiap menjelang akhir tahun PDBI mengadakan Grandprix Marching Band. Acara tersebut diikuti oleh unit-unit dari berbagai Provinsi. Yang belum pernah mengikuti mesti berlomba dari awal. Ya… karena harus mengikuti babak penyisihan dulu. Kalau yang sudah pernah mengikuti maka masuk ke babak yang pernah diikuti oleh mereka. Kalau yang belum berhasil di babak penyisihan maka tetap saja mulai dari babak penyisihan tahap awal. Kalau juara 1 dan 2 mereka sudah menunggu dibabak final.

1 komentar:

DRUM 1989 mengatakan...

jika ada yang berkenan silahkan hubungi
0274 - 858 2224

Poskan Komentar